Festival Online Literasi Massenrempulu

Di masa pandemi ini, berbagai kegiatan harus digelar via online (dalam jaringan). Saat kita berusaha tetap menjaga kesehatan diri dan peduli sesama, kita pun harus tetap produktif dengan diskusi, merayakan Hari Buku dan berbagi pengetahuan dari rumah masing-masing. Maka mengisi ikhtiar itu, Komunitas Literasi Massenrempulu menyuguhkan kegiatan sederhana yang kiranya mengjangkau masyarakat Enrekang dan di manapun dalam jaringan. Dan inilah Festival Online Literasi Massenrempulu dengan sebuah tema “Akses”.

Istilah “Akses” ini merepresentasikan bagaimana keterhubungan sosial di masa pandemi ini mengalami “pembatasan’. Ajakan menjaga jarak dan tinggal di rumah menjadi fenomena yang tidak saja menahan interaksi sosial yang sebelumnya merupakan budaya lokal, tetapi juga menghentikan sementara waktu berbagai aktivitas yang konvensional dan pekerjaan manual. Namun kini kita berada dalam dunia digital yang diatur oleh mesin algoritma yang sepenuhnya tampak interaktif dan melayarkan komunikasi berbasis virtual. Dari situ, sebenarnya akses di luar kebutuhan “sembako” justru masih mendapatkan panggung, dan secara tidak langsung menunjukkan kreativitas dan tetap menyiratkan subtansi. Misalnya saja, membaca. Membaca tak lagi harus ke perpustakaan, tetapi dapat dilakukan di rumah melalui internet (aplikasi) dan akses untuk ke sana dapat kita miliki dalam waktu bersamaan.

Jika membaca pun bisa dilakukan di tengah pandemi, tentu ‘menonton’ dan menyimak diskusi adalah aktivitas yang tak kalah produktif. Kita lihat pula, para pelajar kini dipandu belajar melalui siaran televisi, yang secara implisit menawarkan ‘medium’ pembelajaran yang sebenarnya tidak asing bagi milenial. Jika menonton sebagai metode ‘alternatif’ menyerap pengetahuan saat ini, maka semakin relevan untuk menerangkan bahwa memang literasi (pengetahuan) tak hanya diakses dan direngkuh dari teks.

***

Agenda & Jadwal Kegiatan:

Launching dan Diskusi Buku “Sedang Membaca” Musdin Musakkir
1 Mei 2020 – Pukul 10.00 WITA

Kerelawanan dan Bekerja Kreatif di Tengah Pandemi
Muhammad Naim dan Ammarjie
2 Mei 2020 – Pukul 10.00 WITA

Pekerja Media dan Kejernihan Liputan COVID-19
Kasman, Aris dan Whaiz
2 Mei 2020 – Pukul 14. 00 WITA

Kreativitas Guru dalam Teknologi Pembelajaran dan Dinamika #belajardarirumah
Rudi, S.Pd, Asmega, S.Pd.I dan Arsiah, S.Pd, MM
3 Mei 2020 – Pukul 10.00 WITA

Managemen Gadget & Literasi Digital dalam Keluarga
Raslina, ST dan Irsan
3 Mei 2020 – Pukul 14.00 WITA

Seni Sebagai Media Edukasi
Suherman, M.Pd dan Dr. Sunarto
4 Mei 2020 – Pukul 10.00 WITA

Dampak Pandemi terhadap Ekosistem Ekonomi Kreatif
Agil Valentino & Hardiono
4 Mei 2020 – Pukul 14.00 WITA

Puisi dalam Jaringan dan Respon pada Kemanusiaan
Zulkifili dan Fadli Bumi
5 Mei 2020 – Pukul 10.00 WITA

Memayungi Sesama dengan Sedekah dan Edukasi dalam Masa Pandemi
Dr. Ilham Kadir
5 Mei 2020 – Pukul 14.00 WITA

Film dan Literasi
Riri Riza
8 Mei 2020 – Pukul 09.00 WITA

Link pendaftaran
klik ini https://bit.ly/3f79UvE sekaligus di dalamnya terdapat petunjuk teknis dan link untuk masuk di grup WA peserta FiLM.

Saksikan pula materi dan diskusi kami di Youtube Kulimaspul

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *